ヤヤス

Membuat DELETE QUERY pada Microsoft Access

0
Assalamualaikum wr.wb....
Disini saya akan melanjutkan, tentang "QUERY"...
Dan akan membuat "QUERY DELETE"...

Keterangan :
- Saya menggunakaTabel "query", yang kemarin saya sharing, selengkapnya bisa dilihat disini . . .
- Sebelum kita menghapus suatu data di tabel, sebaiknya sudah ada data..gunakan "QUERY INSERT"..

Konsep :
- Disini sistem QUERY DELETE, hanya membutuhkan ID dari tabel query, karena ID disitu sebagai Primary Key..meskipun menggunakan type data "AutoNumber" (otomatis).


Bismillah...
Langkah-langkah yang akan kita buat..
1. Tabel "query"...seperti dibawah ini, jika ingin membuat manual...


2. Selanjutnya kita Create "QUERY DESIGN", dan akan muncul tampilan..kemudian "ADD" tabel "query" yang sudah ada tadi..





3. Selanjutnya ketika sudah muncul tabel "query", silahkan Klik kanan, dan Pilih "Parameters.."



4. Dan kita masukan Parameters'nya..ParameterID, dengan Data Type...Integer...


5. Setelah kita masukan ParameterID, sebagai inputan untuk penghapusan data..kita klik kanan kembali, pilih "Query Type", dan klik "Delete Query"..disini Delete Query, adalah perintah penghapusan..






6. Secara otomatis, akan muncul beberapa informasi, seperti dibawah ini..Tetapi untuk yang saya beri kotak merah, itu kita ketik manual... [ParameterID] . . .contoh gambar ada dibawah,

7. Kemudian kita "Save" query yang kita buat, dan pilih "RUN" untuk menjalankan perintah Query Delete yang kita buat tadi diatas..

8. Dan ketika berjalan..kita input, ID'nya..seperti dibawah ini..
Note : Data ID berupa nomor atau angka..

9. Jika ada peringatan, kita Pilih Yes..
karena itu, pertanyaan konfiramasi, apakah data yakin akan dihapus ?
...dan lihat kembali isi data di tabel yang tadi..
insyaallah terhapus..

^_^

Nah, Untuk membuka kembali Query yang tadi kita buat, kita harus melewati langkah dibawah ini..



Terimakasih atas partisipasinya, jika didalam postingan ini ada kesalahan, silahkan beri kritik atau saran..

0 comments:

Posting Komentar